Candi Muara Takus yang Mempesona

Candi Muara Takus yang Mempesona

Terletak sekitar 135 kilometer dari kota Pekanbaru, tepatnya di desa Muara Takus, Kec XIII Koto Kampar, Kab Kampar, Provinsi Riau

candi muara takus yang mempesona

Candi Muara Takus yang mempesona  merupakan objek wisata bersejarah yang terletak sekitar 135 kilometer dari kota Pekanbaru, tepatnya di desa Muara Takus, Kec XIII Koto Kampar, Kab Kampar, Provinsi Riau.keindahan candi ini sangat di akui oleh wisatawan yang sudah pernah kesana.keindahan pemandangan candi ini banyak menarik perhatian wiatawan untuk berkunjung kesana.  Anda dapat menggunakan kendaraan umum seperti bus pariwisata  ataupun pribadi dengan waktu perjalanan sekitar 3 hingga 4 jam dari pusat kota Pekanbaru.

Sejarah Candi Muara Takus

Ketika Candi ini di temukan oleh para peneliti, banyak yang berspekulasi bahwa candi tersebut merupakan bangunan peninggalam umat Budha yang berasal dari negara India, dikarenakan bentuk dari candi ini hampir sama dengan sebuah candi di negara tersebut yaituCandi Acoka.Yang menarik dari bangunan candi ini  yaitu bahwa anda tidak akan melihat relief – relief ataupun gambar lainnya pada setiap dinding – dindingnya. Bangunan ini hanya memberikan arsitektur bertingkat dan bertumpuk membentuk satu kesatuan yang terlihat lebih artistic dan megah.Banyak  Para wisatawan  yang sengaja menyewa bus pariwisata untuk  datang ke objek wisata candi ini.Disana wisatawan  juga dapat melakukan berbagai macam dokumentasi mulai dari berfoto – foto hingga merekam pemandangan dan panorama di sekitar candi.

Hingga saat ini Candi Muara Takus merupakan sebuah candi terbesar yang dari candi – candi budha lainnya yang ada di pulau Sumatera barat.Candi ini mempunyai ukuran 7 x 7 meter yang di kelilingi oleh bangunan tembok dengan ukuran sekitar 74 x 74 meter, sehingga tampak sangat kokoh sekali berdiri.  Tidak hanya itu saja, andapun akan melihat penambahan tembok yang dibuat dari bahan tanah berukuran 1.5 x 1.5 kilomterer juga mengelilingi objek wisata candi muara takus.

 

Objek wisata Candi Muara Takus akan sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal ataupun asing ketika memasuki liburan pajang. Candi ini dapat dikunjungi mulai pukul 8 pagi hingga 5 sore dengan membayar sekitar 5 ribu rupiah per orang untuk memasuki pusat wisata. Di dekat candi tersebut anda juga akan melihat beberapa fasilitas seperti tempat – tempat makan, perbelanjaan dan beberapa tempat – tempat lainnya yang mempermudah anda untuk melakukan liburan kesini bersama keluarga ataupun teman – teman. 

 

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.